Historis Kedatangan Maraga Sinaga ke Daerah Parapat -2


Logo Simalungun

Marga Sinaga merupakan marga terbesar,dilihat dari populasinya diantara marga marga yang ada dalam suku batak.Saat ini marga Sinaga sudah ada diseluruh penjuru Nusantara dan bahkan diseluruh Dunia.
Diperkirakan jumlah marga Sinaga dan boruna sekitar 350.000 orang. Jumlah ini jauh lebih banyak dari pada jumlah penduduk Kabupaten Samosir. Dengan kata lain jika marka Sinaga dan boruna disatukan sudah bisa ‘mendirikan’satu Kabupaten.
Dari beberapa diskusi yang dilakukan tersebut muncullah suatu prakarsa supaya menghubungi Bapak Cirus Sinaga (Op.Pinondang) di jln. Sei Silapian Medan untuk mendiskusikan secara mendetail tentang Tarombo maraga Sinaga terutama yang berdomisili di Girsang Sipangan Bolon hingga sampai keranah Jawa,Karo,dan Dairi.Seiring dengan perjalanannya pada Thn.2005,penulis dalam hal ini RD Sinaga mendapat suatu tugas dari Parsadan Popparan Toga Sinaga Dohot Boruna (PPTSB) Pusat yaitu SK.No.026/PPTSB/I/2005,Tertanggal 28 Januari 2005 Tentang penyusunan Sejarah dan Tarombo marga Sinaga. 
Dengan keterbatasan yang ada pada penulis baik dilihat dari validitasdata maupun dalam penulisanny,akhirnya kedua penulis bersama sama membahas dan mencoba menuturkannya dalam tulisan ini:


Ke Girsang Parapat


Marga Sinaga yang datang ke Girsang Parapat adalah 3 (Tiga) Orang dari keturunan Oppunta Sinaga Bonor

  1. Popparan Ni Oppunta Bonar Pande yang dinamakan Juga Porti.
  2. Popparan Ni Oppunta Tiang Ni Tonga Juga dinamakan Sidahapitu.
  3. Popparan Ni Oppunta Suhut Ni Huta Dinmakan Juga Sangkal Horbo.

Suhut Ni Huta Sorak Maunok.


Oppunta Suhut Ni Huta mempunyai 4 orang anak yaitu:


  1. Nasumandar.
  2. Nahumutur.
  3. Sibaliot.dan
  4. Sorak Maunok.

Oppunta Sorak Maunok.


Oppunta Sorak Maunok.yang juga digelar si Raja Tubing. Gelar si Raja Tubing diberikan karena kebetulan oppunta tersebut sumbing adanya (Tupikon artinya Tubing atau Sumbing) Selain gela si Raja Tubing dianya juga diberikan gelar si Raja Tubu. Gekar terahir ini konon diberikan karena Oppunta yang Sumbing tersebut tidak memiliki keturunan yang sumbing sampai saat ini.

Berdasarkan penuturan tua tua Sinaga dari keturunan keturunan atau dari generasi ke generasi.Oppunta Raja Sorak Maunok/Raja Tubing pergi meninggalkan tempat kelahirannya Urat/Samosir melalui perbukitan Samosir,pertama tama ke Tomok menyeberang danau menuju Sibaganding/Panahatan dekat Parapat.Dari Parapat kemudian pergi ke Girsang dan kemudian menyeberangi dan membangun perkampungan di Dolok Na Godang.Dari sana kemudian pindah ke perkampungan dekat Gereja RK sekarang ini.
Dengan alasan bahwa kampung dimaksut jauh dari sumber air,akhirnya Oppunta pindah ke Sidallogan.


Di Sidallogan Oppunta mempunyai keturunan yang dinamai Suhut Maraja. 
Suhut Maraja memperistrikan boru ni Raja i Sihotang.Dari perkawinan mereka lahirlah Oppunta Sidasuhut.dan Sidallogan.
Kemudian Oppunta Suhut Maraja memiliki istri kedua,yaitu,boru Manurung.Dari boru Manurung,Suhut Maraja memperanakkan Simaibang. dan Simandalahi..Konon menurut cerita setelah meninggalnya Suhut Maraja,Simaibang mengawini ibunya sendiri yaitu boru Manurung dan memperanakkan Simanjorang..Konon Sidasuhut dan Sidallogan lahir kembar dalam satu ‘Lambutan’,untuk menentukan siapa ‘siangkangan’tergantung pada siapa yang pertama menangis.Setelah dibelah ‘Lambutan’,Sidasuhut yang pertama tama menangis.Dengan demikian urutan keturunan Suhut Maraja adalah:Sidasuhut,Sidallogan,Simaibang dan Simandalahi.
Dalam perkembangannya kelima Oppunta membuka perkampungan masing masing dan menamai Kampung atau Huta tersebut sesuai dengan nama mereka.

bersambung….

By maujanaadilmakmur

16 comments on “Historis Kedatangan Maraga Sinaga ke Daerah Parapat -2

  1. Selama ini yang bersi keras bahwa pinoppar Op. Simaibang dan Op. Simandalahi adalah turunan dari Sinaga Uruk Hanyalah Simanjorang dan mengatakan bahwa Op. Simaibang dan Op. Mandalahi adalah anak Jorang Raja namun tidak pernah bisa menyebutkan mamaknya atau yang melahirkannya boru apa, terutama yang bersi keras itu adalah marga Simanjorang yang ada di Dairi , sedangkan kalau di hasinggan kampung yang ditinggali oleh Pinoppar Oppung Mandalahi yang disonduk hela oleh marga Sagala berbeda tempat dengan yang ditinggali oleh pinoppar jorang Raja, karena cerita Oppung saya asal pinoppar Oppung mandalahi adalah dari sipangan bolon dan masuk hasinggan juga lebih dulu Pinoppar Oppung Mandalahi disonduk Hela dan kemudian baru dibawa Pinoppar Oppung Simaibang dan selanjutnya baru datang simanjorang ke Hasinggan, dan juga kata oppung saya gampang lihatnya dimana ada kampung Simaibang disitu pasti ada Kampung Simandalahi dan juga saya perlu jelaskan bahwa menurut keterangan Oppung saya bahwa Pinoppar Oppung Mandalahi yang ada di Dairi berasal dari Hasinggan dan Setahu saya tidak ada Pinoppar Oppung Mandalahi yang didairi datangnya dari hodon hodon darimana saya tahu karena seluruh marga mandalahi yang ada didairi yang sudah beranak cucu dan cicit masih memanggil bapak saya amanguda karena oppung saya dan yang memanggil saya adek sudah rata rata berumur 60-75 Tahun , namun cerita Oppung Saya bahwa yang pertama masuk kedairi Pinoppar Oppung Mandalahi adalah Oppung saya dan memang sewaktu masuk kedairi sudah ada ditemukan disana marga Sinaga dan karena lebih dahulu mereka didairi maka Oppung saya memanggil abang kepada mereka sehari harinya dan karena sudah akrab oppung saya tidak mempermasalahkan lagi dia dipanggil anggia sama marga simanjorang dan yang namun hingga saat ini jadi banyak lilu dan Ragu Pinoppar Oppung Mandalahi yang ada di Dairi dan juga yang sudah merantau dari dairi keseluruh pelosok tanah air. JADI PESAN SAYA BUAT SIMANJORANG TOLONG BIKIN JELAS DULU ASAL MUASAL ITU , BORU APA MAMAKNYA SIMAIBANG DAN SIMANDALAHI , DIMANA PERTAMA KALI TINGGAL DAN KEMUDIAN MERANTAU KEMANA PERTAMA DAN BAGAIMANA KISAH HIDUPNYA SEHINGGA OPPUNG SIMAIBANG DAN SIMANDALAHI KAMPUNGNYA SELALU BERDEKATAN.

  2. Horas..
    mar sattabi majo au di hamu akka amangtua nang pe amanguda dohot saluhut popparan ni oppungta toga sinaga,boru bere dohot i bebere na adong di forum on.
    di dok roha nian, unang ma alani opini opini muna gabe tubu hassit ni roha,jala takkkas ma baen hamu boha do turi-turian ni marga manjorang,simaibang dohot mandalahi, molo tung pe di boto hamu turi-turian na bagak ma baen hamu.
    Au marga simanjorang, nuaeng on marhuta di tano dairi, ima di tiga baru.na mangaratto ma da oppung tu tano dairi sian huta si hodon-hodon na di topi ni tao silalahi,anggo hami si manjorang popparan ni sinaga uruk datu hurung do hami,ima anak ni damang si jorang raja,jala oppung si datu upar ma oppung nami, ia si maibang dohot simandalahi ma anggi nami.on do nasai di tonahon oppung uju di ngoluna tar lumobi tu au.
    nahudok disi, Upporsea an ma u tu HAMU dari pada tu da oppung ?
    ido umbaen asa bagak manian ta tonahon tu akka pinoppar ta,asa unang adong opini opini na so mar lapatan.
    MAULIATE.

  3. santabi di hamu na mamakke marga na asing na mengaku masuk tu marga sinaga. molo toho hamu marga sinaga, masukma hamu tu punguan toga sinaga, unang mambahen punguan na asing

    • Oh ya, kami adalah turunan Toga Sinaga. Kampung tempat lahir ompung kami bernama Huta Suduan Datu, di Urat Palipi. Huta itu adalah bikinan ompu kami Datu Upar.
      Manungkun ma jolo hami tu ho amang Jekson: Ai ikkon masuk tu punguanmu nai do horoha asa na ‘sah’ hamu gabe Pomparan Toga Sinaga?

  4. Sattabi jolo di appara niba Alam Hatorangan Sinaga, nakkin ditaringoti appara masalah ogung, kebetulan ogung I adong do 3 disimpan hami sonari jala disimpan hami do di huta Simandalahi jala didokkon oppung nami nahinan adong dope ogung tinggal sadanai di samosir alai dang apala jelas didia. Molo au sandiri hutakku simandalahi jala didokkon bapa nami do hami sinaga simandalahi, molo apala goarni Oppung ima Oppu Gulasa Sinaga

  5. sinaga simandalahi di kecamatan girsang sipangan bolon adalah keturunan sorak maunok atau bonor suhutni huta tetapi setelah datangnya uruk ke parapat maka mereka masuk ke simandalahi karena simandalahi adalah keturunan yang paling bungsu dari siopat ama anak suhut maraja dan sejak itulah kabur harajaon simandalahi apakah bonor suhutni huta atau sinaga uruk ditambah lagi pada saat itu ada dipemerintahan kabupaten simalungun marga sinaga uruk pejabat sehingga sinaga simandalahi mengaku jadi sinaga uruk agar gampang menjadi pegawai negeri di kabupaten simalungun

  6. Menurut ceritra marga simanjorang, simandalahi dohot Simaibang nadiboto hami turunan sian sinaga Uruk, molo sian angka natua – tua mandok adong sada ulaon horja margondang di Urat, ompunta manuruh pahompuna natolu on disuruh mangala[ pulungan ni borotan tu harangan ni Parapat ala maol dapot nasida pulungan on,diwaktu i rimba raya dope hutan on dapot do pulungan on, dung i mulak ma nasida tu urat hape ulaon horja nga sae dibahen ompung i nauju i, gabe muruk ma nasida atik di pangan harimau hape hita diharangan i namangalap pulungan ni boratan on las do rohani ompung on sosabar paima hita hape ulaon nga sae, Gabe muruk ma nasida diboan ma Ogung tolu sian Urat laos meneberang ma nasida tu arah Girsang jala mambuka huta ma nasida disi, laos adong do Lumban Simaibang disi dohot Lumban Simaibang, Alai ompung Jorang Raja (Simanjorang) meneberang do ibana tu arah samosir Via simanindo torus tu Sagala jala dilehon Raja Sagala do tano di Hasinggan ingananni Simanjorang gabe helani marga Sagala, molo nijaha ceritra ni Versi nasian parapat na nitulis munaon gabe lain,dang adong bukti otentik asa dengan do hita mendalami taringot sejarah ni natoluon alana hita sinaga sada do, dang boi dope dipastihon Sinaga Simanjorang.Sinaga Simandalahi,Sinaga Simaibang atik nasian Sinaga Bonor,Manang Sinaga Uruk, Alai Versi nadi boto hami dang holan ompung Turunan Sinaga Bonor adong di Girsang turunan sinaga uruk pe adong do, biasa do hita samarga mo lao tu huta nadao molo adong dalan ni ngolu sai mangihut do sisolhotna, jadi hami turunan natolu on hami pasti do mandok sinaga uruk kebenaran on hita marga sinaga porlu mangggali sejarah napasti sian s sinaga dia do tutu natolu op on dang boi hita meraba alani ditaromba nami turunan jorang raja jelas a au sandiri no 17 dari Toga Sinaga,Marsiamin aminan ma hita songon lambak ni gaol dirobean molo beda pe versi sinaga tetap satu biar ada cabang marga Simanjorang.Simandalahi,Simaibang ima tandani nagodang pinompar ni ompunta Toga Sinaga,Porlu do dipatingkos angka tarombo ni hita marga Sinaga molo adong tokoh adat na olo menggali silsilah ni pinompar ni Ompui sesuai songon semboyan Sinaga ” HATIHA”.

    • Tusaluhut pomparan ni PPTSB na adong diportibion, molo tutu do hita sada… buat apa kita persolkan sejarah, toh sejarah itu gak ada yg pasti.. selalu menurut si A ,si B si C sampai si z,.. ”tentang legenda sinaga masuk di tano girsang, siapa yg bisa membuktikan dalam catatan, bahwa sinaga yg prtama kesana disana adalah bagian dari
      sinaga bonor atau sinagauruk…! kalau kita mau berbicara logika.. hanya MATEMATIKA yg tdk bisa kita sangkal, karna memang apa yg dijelaskan selalu masuk akal.. nah,,dalam conteks ini seolah2 kt mau menonjolkan/membuktikan bahwa hami do…! ”sadar gak kita bahwa opini ini sudah memicu keretakan diantara kt sesama SINAGA..”
      SARAN…
      Tu saluhut pinompar ni TOGA SINAGA na mamopar sian SAMOSIR_ huta URAT, tu huta naasing.. ”tetap do hita sada atas nama TOGA SINAGA.. di sitolu OMPU, si sia AMA ”
      H0RASSS!!!!!.

      • Molo menurut au sandiri porlu do botoon sejarah, alana sejarah membuktikan bahwa membuktikan bahwa nenekmoyang kita pernah tinggal di girsang parapat na kebetulan pe bapak nami Raja parhata jalan Raja bius do, bapak nami pe hean marsarita tentang pardalanan ni sinaga uruk sian urat sahat tu girsang dan kita harus pelajari jala oppung nami pe na paling disegAni do sahat tu bapak nami, sedangkan di parsikkolaan di pelajari sejarah, asa niboto sian dia asalta, asa didokkon hita dalle, jala menurut au dang adong hubungan mampelajari sejarah gabe adong pepecahan sinaga, hita pe sada do sinaga, is tolu oppu siasia ama.

      • Appara MARUDUT SINAGA dang na pola menonjolhon asa binoto do jelas dang hudok ise parjolo manang parpudi, sonari porlu botoon sian dia so asal ni opputa ido na penting molo sinaga I tetap do sada, ise haroa mandok 2 manang 3 sinaga I, dang alana gara2 sukkun2 gabe gaor sinaga palias I appara, unang idokkon appara bisa membuktikan sinaga masuk tu girsang godang na mamboto termasuk au sandiri alan ogung ni opputta toga sinaga na sian urat disimpan hami do sahat tu sadarion, jd unang asal di baen appara komentar na so masuk akal, molo pajumpang hita asa marsipatakasan hita.

  7. – jelas2 saya BINGUNG paparan nya yang diatas. Yang pasti g ngerti…
    – appra, keturunan Sinaga Uruk lag.. Marga Simanjorang
    – appra..kalo bisa kallo membuat penuturunan yang diatas itu.. Harus benar-benar Valid datanya..
    – smangat slalu.. Txs y

  8. Horas appara…! apakah sinaga yang keparapat cuma sinaga bonor…?
    ahu sian parapat do, jala namamopar hami ima oppung raja simandalahi parjolo sian girsang..! alai sian oppung hami didok sinaga uruk do..! jala dibaen ompung do huta lumban uruk di parapat, partanda na sinaga uruk do hami..! marsipatakkasan jo hita ate..mauliate..!

    • ido appara….
      alana holan diparapat do adong sinaga uruk ido asa dibahen lumban uruk
      jadi molo digirsang dohot disipangan bolon dang adong huta lumban uruk jadi huta simandalahi do
      alana opat anakni suhut maraja ima sidasuhut, sidallogan, simaibang dohot simandalahi jadi goarnaondo dibahen jadi goarni hutana

  9. “Di Sidallogan Oppunta mempunyai keturunan yang dinamai Suhut Maraja.”
    – Apakah Oppunta Suhut Maraja adalah turunan langsung (anak) dari Oppunta Raja Sorak Maunok ?,
    – yang berarti Oppunta Raja Sorak Maunok adalah generasi ke 5 dari Oppunta Toga Sinaga?
    – apa “dinamai” diatas = diberi gelar? lantas siapa nama asli dari Ompunta Suhut Maraja?

    Mauliate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s