PEMAPARAN CAMAT BOSAR MALIGAS DLM PEMBUKAAN MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN


CAMAT BOSAR MALIGAS Drs.DIDING YUSNI DAMANIK Gambaran Umum Kecamatan Bosar Maligas.Sejarah Ringkas 
Kecamatan Bosar Maligas terbentuk dengan berdasarkan Undang Undang No.7 Tahun 1956 tentang bembentukan Daerah Otonomi Kabupaten Kabupaten dalam lingkungan Provinsi Sumatera Utara (Lembaran Negara No..58,Tambahan Lembaran No.1092) dan pada saat itu wilayah Pemerintahan Kecamatan Bosar Maligas dengan Nama Asisten wedana Bosar Maligas,dengan wilayah Desa sbb: Bosar Maligas,Sei Mangkei,Boluk,Mayang,Gunung Bayu,Talun Saragih,Dusun Pengkolan,Parbutaran,Dusun Ulu,Tinjoan,Ujung Padang,Sayur Matinggi,Teratak Nagodang,Huta Parit dan Sordang Bolon. 
 Selanjutnya pada Tahun 1979 Kantor Camat Bosar Malihas mulai dibangun diatas tanah seluas 240 M2,yang mana pada saat itu wilayah Kecamatan Bosar Maligas terdiri dari 15 Desa Kemudian terjadi pemekaran wilayah Kecamatan Bosar Maligas menjadi 2 Kecamatan,yakni Kecamatan Bosar Maligas dan Kecamatan Perwakilan Bosar Maligas Timur,Kecamatan perwakilan Bosar Malihas Timur selanjutnya menjadi Kecamatan Ujung Padang.
Dengan pemekaran tersebut,maka wilayah Kecamatan Basar Maligas menjadi 8 Desa,yaitu Bosar Maligas,Sei Mangkei,Boluk,Mayang,Gunung Bayu,TalunSaragih,Dusun Pengkolan dan Parbutaran.
Pada Tahun 2000 Bupati Simalungun membuat keputusan Nomor 141/3623/Pemdes menetapkan:Penyesuaian Sebutan/Peristilahan Desa di Kabupaten Simalungun 
1.Desa..Menjadi Nagori 2.Kepala Desa..Menjadi Pangulu 3.Dusun..Menjadi Huta 4.Kepala Dusun..Menjadi Gamot 5.Badan Perwakilan Desa..Menjadi Maujana 6.Rukun Warga..Menjadi Urung 7.Rukun Tetangga..Menjadi dihilangkan karena selama ini tidak berpungsi 8.Perangkat Desa..Menjadi Tungkat Nagori 
Pada Tahun 2002 atas Prakarsa masyarakat beberapa Nagori yaitu Nagori Dusun Pengkolan mengusulkan pemekaran Nagori Menjadi 3 Nagori:Nagori Dusun Pengkolan,Nagori Teladan,dan Nagori Adil Makmur.
Nagori Parbutran juga mengusulkan pemekaran,menjadi 4 Nagori yaitu:Nagori Parbutaran,Nagori Marihat Tanjung,Nagori Marihat Butar dan Nagori Sei Torop.
Kemudian pada thn.2004,nNagori Boluk juga mengusulkan pemekaran menjadi 3 Nagori yaitu:Nagori Boluk,Nagori Tempel Jaya dan Nagori Sidomulyo.
3 Tahun berikutnya tepatnya di Tahun 2007,secara bersamaan Nagori Talun Saragih dimekarkan menjadi 2.Yakni:Nagori Talun Saragih dan Nagori Mekar Rejo.Dan Nagori Gunung Bayu Dimekarkan menjadi 2,Yaitu Nagori Gunung Bayu dan Nagori Naggar Bayu.Sesuai dengan dasar pembentukan Nagori,pemekaran berdasarkan peraturan Bupati Simalungun No.9 Tahun 2008,tentang pembentukan Nagori Persiapan Hasil Pemekaran Tahun 2007 di Kabupaten Simalungun Tgl.13 Maret 2008.Sehingga sejak Tahun 2007, wilayah Kecamatan Bosar Maligas terdiri dari 16.Nagori dan 1 Kelurahan Sbb.
1.Nagori Parbutaran..Pangulu Waljino.
2.Nag.Mayang..Pangulu Sugiono.
3.Nag.Boluk..Pangulu Normah Sembiring.
4.Nag.Sei Mangkei..Pangulu Basiman.
5.Nag.Gunung Bayu..Pangulu Rismawaty Sinaga.
6.Nag.Talun Saragih..Pangulu Gianto.
7.Nag.Dusun Pengkolan..Pangulu Yusnadi.
8.Nag.Sei Torop..Pangulu Polman Sinaga S.Pdi.
9.Nag.Marihat Tanjung..Pangulu Tugiman.
10.Nag.Marihat Butar..Pangulu Yuni Karyani.
11.Nag.Teladan..Pangulu Molkah Damanik.
12.Nag.Adil Makmur..Pangulu Sunyono.
13.Kel.Bosar Maligas..Lurah Sutarnu.
14.Nag.Tempel Jaya..Pangulu Edi Rianto.
15.Nag.Sidomulyo..Pangulu Watno.
16.Nag.(Persiapan) Mekar Rejo..Pangulu Suparmin.
17.Nag.(Persiapan) Naggar Bayu..Pangulu Surya Darma Samosir. I.1 LETAK GEOGRAFIS Kecamatan Bosar Maligas merupakan salah satu Kecamatan dari 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun,dengan Ibukota Kelurahan Bosar Maligas,berada pada ketinggian rata-rata 100.M.diatas permukaan Laut,yang merupakan daerah datar dan berombak dengan luas wilayah 294.40 Km2.yang mempunyai batas-batas sbb:


-Sebelah Utara Berbatas Dengan Kabupaten Asahan.

-Sebelah Selatan Berbatas Dengan Kecamatan Ujung Padang.

-Sebelah Timur Berbatas Dengan Kecamatan Ujung Padang.

-Sebelah Barat Berbatas Dengan Kecamatan Hutabayu Raja.



I.2 DEMOGRAFI..


    Penduduk Kecamatan Bosar

Maligas Keadaan Thn.2009 tercatat sebanyak 39.885.Jiwa,terdiri Laki laki 20.990. Jiwa dan Perempuan 19672. Jiwa, dengan jumlah kepala keluarga 10.990 .,Suku terbesar adalah suku Jawa,Batak Simalungun,dan Batak Toba.Sebahagin besar adalah bermata pencaharian sebagai Petani/Buruh Tani/Buruh tani dan Karyawan Perkebunan.adapun

By maujanaadilmakmur

One comment on “PEMAPARAN CAMAT BOSAR MALIGAS DLM PEMBUKAAN MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s